Bahaya dan Keuntungan Menggunakan Kartu Kredit, Kurangi hutang kartu kredit?


Pengguna kartu kredit semakin hari semakin banyak, terlebih sudah banyak bank lokal Indonesia yang sudah support dengan kartu kredit, kartu kredit adalah sebuah pembayaran non tunan dengan sistem kita berhutang kepada bank yang bersangkutan.

Dengan begitu secara langsung jumlah tagihan masuk kedalam buku kredit anda secara otomatis, mengingat sekarang kartu kredit saat ini bukan hanya berupa kebutuhan banyaj orang dalam mengurangi penggunaan uang tunai.

Penting untuk mengetahui beberapa cara jitu menghindari jebakan kartu kredit, sebagai pengguna kartu kredit aktif sangat penting untuk memperhatikan tanggal jatuh tempo pembayaran kartu kredit. Jangan sampai karena kita cuek, tagihan kartu kredit jadi membengkak. 

Kesalahan kecil namun dapat berakibat yang cukup besar. Jadi, sebaiknya untuk menghindari keterlambatan dapat menggunakan sistem pembayaran auto debet. 

Namun justru itu akan membuat Anda terpaksa harus membayarkan bunga yang tidak sedikit jumlahnya alias membengkak dari jumlah sebelumnya, bahkan nilai pembayaran akan lebih besar lagi bila terjadi transaksi lagi di luar sisa tagihan. 

Sehingga di bulan berikutnya tagihan kartu kredit akan berlipat-lipat jumlahnya. Hal ini tentu dapat berakibat fatal pada keuangan.

Seperti yang baru saja kami katakan, ada banyak saran yang tersedia tentang cara mengurangi hutang kartu kredit dan satu-satunya hal yang perlu Anda lakukan adalah memasukkan saran itu, tentang cara mengurangi hutang kartu kredit, untuk berlatih dalam kehidupan nyata.

Keuntungan Menggunakan Kartu Kredit

Tanpa harus membawa uang tunai, cukup dengan gesek pada mesin pembayaran Anda mendapatkan barang atau jasa yang diperlukan. Kartu kredit memberikan kepraktisan ketika dalam situasi darurat dimana kita tidak mempunyai dana, kita dapat terdahulu meminjam dana ke bank (kredit) yang nanti akan dibayar oleh peminjam.

Namun dibalik itu semua, penggunaan kartu kredit yang berlebihan juga dapat berdampat buruk bagi kehidupan kamu, dari segi dana juga akan bertambah sangat drastis juga tiba-tiba jumlah tagihan membengkak

Kerugian Menggunakan Kartu Kredit


1. Telat Membayar Tagihan

kartu kredit akan menarik bunga sebesar 3% dari total tagihan untuk perhari keterlambatan pembayaran. Jika berhutang Rp1 juta, maka dalam sehari bunganya adalah Rp30 ribu. Bayangkan jika terlambat seminggu, maka akumulasi denda akan berada di kisaran angka lebih dari Rp200 ribu. Wah, ternyata sudah mencapai 25% dari jumlah tagihan

2. Melewati Batasan Limit Pemakaian

Keuangan yang sehat adalah keuangan yang menggunakan kredit di batasan maksimal 30% dari total pemasukan. Oleh karena itu, batasi pemakaian kartu kredit sebesar maksimal 30% dari penghasilan. Bahkan jika perlu mintalah pihak kartu kredit untuk memberikan limit seminim mungkin supaya tidak tergoda untuk menggunakan limit seluruhnya.

3. Selalu Membayar Minimum Payment

Coba perhatikan lagi term and condition yang tertera di buku panduan kartu kredit.
Pembayaran minimum mengakibatkan sisa utang yang tidak terbayarkan terkena bunga. Jadi membayar minimum bukan berarti sisanya akan ditagihkan tanpa bunga. 

Previous Post Next Post